Senin, 02 Januari 2012

Lingkungan Hidup dan Masalahnya

Lingkungan Hidup Dan Permasalahannya - Permasalahan mengenai Lingkungan Hidup yang ada di Indonesia sekarang ini nampakknya kian rumit dan kompleks. Harus ada kesadaran individu untuk memulai menjaga kelestarian lingkugan yang ada pada lingkungan masing masing. Sedangkan secara lebih luas tentunya memerlukan upaya terpadu yang melibatkan semua pihak.
Sedangkan lingkungan hidup dan permasalahannya secara dunia global paling terdapat beberapa Permasalahan Lingkungan Hidup yang harus diatasi permasalahannya di antaranya adalah.

* Masalah Makanan : diperkirakan di dunia ini ada 1 dari 6 orang yang ada di dunia ini menderita kelaparan dan mengalami gizi buruk.

* Masalah Air : Pada tahun 2025 diperkirakandua ada sepertiga orang yang ada di dunia ini akan mengalami krisis air yang sangat parah

* Masalah Energi : Produksivitas minyak bumi telah mencapai puncaknya dan akan mulai menurun mulai tahun 2010

* Masalah Perubahan Iklim : perubahan iklim merupakan tantangan terbesar, dan ini akan menyebabkan meningkatnya badai, bencana banjir, kekeringan serta hilangnya spesies.

* Masalah Keanekaragaman hayati : Kondisi bumi yang sekarang ini sudah mulai memasuki tahap kepunahan spesies keenam terbesar

* Masalah Polusi : Penggunaan bahan kimia yang berbahaya ditemukan hampir di semua generasi baru dan telah diperkirakan satu dari empat orang yang ada di dunia telah terpapar oleh polusi udara yang tak sehat

Apabila hal ini benar, artinya sejak beberapa tahun lalu, prediksi mengenai hilangnya generasi serta hilangnya kehidupan yang telah dikumandangkan akan semakin kencang. Tetapi, nampaknya elum ada upaya maksimal mengenai perbaikan pola konsumsi, khususnya di daerah negara-negara utara.

Permasalahan mengenai Lingkungan yang terjadi pada akhir-akhir ini, permasalahannya sudah bersifat lintas daerah, bahkan sudah dilintas negara. Contohnya adalah terjadinya kebakaran hutan serta lahan di pulau Sumatra juga telah menyebabkan negara tetangga jadi ikut terganggu oleh asap.

Permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di Indonesia yang sangat butuh perhatian yang sangat serius adalah mengenai masalah pencemaran air, masalah pencemaran udara yang terjadi di kota-kota besar, pencemaran yang di akibatkan oleh limbah domestik serta pencemaran akibat sampah.

Di sisi lain terjadinya kontaminasi lingkungan yang di akibatkan karena bahan berbahaya beracun, kerusakan pada hutan hujan tropis, kerusakan pada daerah aliran sungai, kerusakan yang terjadi pada ekosistem danau, kerusakan lingkungan di wilayah pesisir dan laut ataupun kerusakan lingkungan yang di akibatkan karena aktivitas penambangan.

Permasalahan yang juga sangat serius mengenai lingkungan hidup adalah akibat penipisan lapisan ozon, terjadinya pemanasan global serta terjadinya perubahan iklim, bencana lingkungan misalnya banjir serta tanah longsor, kebakaran di hutan serta lahan.

Melalui kegiatan yang tersusun dan secara bersama melakukan penyelamatan lingkungan di mulai dari kesadaran individu, kemudian berlanjut ke berbagai pemangku kepentingan yang secara sinergis dan sama sama saling melengkapi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, sedikit demi sedikit tentu akan dapat mengatasi dan menyelamatkan lingkungan.

by:google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar